ciri-ciri kayu bajakah dan manfaatnya

Tanaman bajakah tampala (Spatholobus Littoralis Hassk) adalah tumbuhan yang menjalar dengan ketinggian dapat capai kurang lebih lima puluh meter. Tanaman ini umumnya menjalar pada pohon kayu dari suku Phaseoleae.

Genus Spatholobus Littoralis Hassk diketemukan Justus Karl Hasskarl, seorang pakar Botani asal Jerman di tahun 1842. Tanaman bajakah ini ada 29 spesies yang umumnya tumbuh di rimba tropis Indonesia. Tetapi manfaat akar bajakah dipakai untuk penyembuhan herbal baru disukai banyak orang belakangan ini.

Kayu bajakah saya beli di olshop

Daun tanaman bajakah tampala mempunyai warna kuning, putih serta coklat, dengan bentuk tajam. Sedang bunganya memiliki warna ungu, putih serta pink dengan bentuk kecil.
Penemuan mengagetkan mengenai faedah akar bajakah yang baik menyembuhkan penyakit kanker payudara sampai sekarang tetap jadi pembicaraan di warga. Beberapa orang yang turut memburu akar bajakah untuk penyembuhan atau dibisniskan.

Penemuan akar kayu bajakah ini adalah hasil riset yang dilaksanakan tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Hasil penelitian beberapa pelajar itu juga dilibatkan dalam lomba penelitian internasional yang berbuah medali emas.

Tokoh Mentaya Seberang Sampit, Khaitami alias Mang Atai, yang sejauh ini diketahui untuk pakar membuat kerajinan sopuvenir berbahan kayu, menjelaskan, diapun jual akar itu tetapi dalam jumlah kecil saja serta dibikin berbentuk serbuk yang dibungkus dipasarkan Rp150 beberapa ribu satu bungkus.

CIRI CIRI KAYU BAJAKAH

Mang Atai yang sudah lama mengenali tipe akar Bajakah itu menyarankan pada pencari batang dari akar bajakah, supaya pilih akar bajakah yang bukan tipe tuba, sebab ia beracun, sejauh ini akar itu serbuknya digunakan nelayan untuk cari ikan di sungai.

Pilihlah tipe yang bukan akar bajakah tuba, akar beracun itu mempunyai tanda- tanda  diantaranya, kulit akar lengket dibatang akar, saat dikerik kulitnya memakai pisau cukup sulit sebab lengket

Sedangkan bajakah untuk obat
Ia menjelaskan, bentuk kulit akar bajakah untuk obat guratannya tampak jelas, sedang tipe tuba atau beracun sangat halus.

"sejatinya tangkai akar bajakah kurang lebih relatif sama, terdapat sedikit saja persamanya yaitu pada daun, bentuk kulit akar serta tipe kulit akarnya, untuk hal ini untuk berhati-hati pada saat membeli. Konsultasikan pada orang yang lebih pakar tentang tipe akar dan tangkai kayu bajakah tersebut" katanya.

MANFAAT KAYU BAJAKAH NFAAT KAYU BAJAKAH

1. Tingkatkan Kekebalan Badan

Kayu bajakah memiliki kandungan banyak nutrisi yang bermanfaat untuk jaga kesehatan dan tingkatkan kekebalan badan.

sangat baik dikonsumsi untuk menyeimbangi pola hidup sehat supaya terlepas dari gempuran penyakit autoimun.

Penyakit autoimun sudah jelas paling beresiko yang dapat menggempur sampai melumpuhkan organ badan.

2. Sumber Anti-oksidan

Berdasar riset, diketemukan jika kayu bajakah mempunyai muatan anti-oksidan yang melimpah.

Anti-oksidan yang terdapat dalam dalam kayu ini banyak terkandung didalamnya. Salah satunya ialah fenolik, tanin, steroid, alkaloid saponin, terpenoid, sampai alkaloid.


3. Menolak Sel Tumor serta Kanker

Muatan senyawa anti-oksidan serta fitokimia dalam kayu bajakah dipandang dapat menantang sel tumor serta kanker.

Ini dapat dibuktikan dari cerita Daldin, salah satunya siswa periset, yang bercerita cerita ibunya yang menanggung derita kanker payudara.
Situasi kanker payudara ibunya cukup kronis sampai keluarkan nanah.

Sampai ayah Daldin berinisiatif untuk cari kayu bajakah untuk menyembuhkan situasi ibu Daldin; memang kayu bajakah telah diketahui untuk tanaman obat turun-temurun dalam keluarganya.

Perlahan-lahan tetapi tentu, kanker payudara yang dialami ibunya berangsur jadi kering sesudah teratur konsumsi air rebusan kayu bajakah.
Berikut sebagai fundamen dia kenal faedah kayu bajakah, sampai berinisiatif untuk lakukan riset dengan beberapa temannya.

4. Mengobati Cedera/ luka

Dalam budaya Kalimantan, terutamanya suku Dayak, faedah kayu bajakah yang sangat di rasa ialah kekuatannya untuk hentikan pendarahan serta mengobati cedera/luka.

Berikut mengapa kayu bajakah diketahui untuk obat tradisionil turun-temurun pada warga Kalimantan.

Riset membetulkan ini. Kayu bajakah diketahui kaya muatan senyawa flavonoid, fenolik, dan tanin.

Ke-3 senyawa itu berbentuk angiogenesis yang menolong pembangunan pembuluh darah baru buat percepat pengobatan cedera/luka.


5. Melembutkan Kulit serta Penuaan Awal

Karena tingginya muatan senyawa anti-oksidan serta fitokimia, faedah kayu bajakah baik pada kesehatan kulit.

Senyawa itu menyebabkan produksi kolagen pada tubuh.Kandungan kolagen pada tubuh yang terbangun secara baik dapat membuat kulit selalu halus, serta menahan penuaan awal.

6. Mohon doa kepada yang kuasa

terlepas dari pembahasan manfaat kayu bajakah diatas, kita sebagai umat beragama khususnya umat muslim memanglah harus berikhtiar dalam hal apapun. Namun kembalilah kepada yang menhidupkan dan yang mematikan, untuk itu kita harus tetap berdoa dengan meminta kepada yang kuasa kepada Allah s.w.t sebagai bentuk kesempurnaan dalam berikhtiar tadi.

Semoga bermanfaat untuk pembahasan ciri-ciri kayubajakah dan manfaatnya, sampai jumpa di episode selanjutnya.

Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "ciri-ciri kayu bajakah dan manfaatnya"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel