Merawat Mesin Curkur Agar Tetap Tajam

Memiliki mesin cukur yang tajam adalah impian semua orang tukang cukur. Dengan begitu saat mencukur menjadi mudah, tidak memakan waktu lama dan menyenangkan. Namun adakalanya mesin cukur akan turun performanya sangat cepat dalam hal ketajaman yang tidak begitu awet. Hal Ini disebabkan lalai dalam merawat mesin cukur, jadi apa yang harus sobat lakukan agar mesin cukur tetap tajam ( tahan lama) ?
berikut ulasan menurut pengalaman saya selama menjadi tukang pangkas rambut

1.Membersihkan Rambut Di Area Mata Pisau Clipper

Merawat mesin cukur agar tetap tajam

Kegiatan membersihkan rambut di selah mata pisau clipper itu bisa dikatakan wajib, karena sisa rambut yang terpotong akan masuk ke selah atau bagian rongga mata pisau. Jika rambut terlalu banyak menumpuk didalam selah maka kinerja mesin akan berkurang, jadi untuk menghindarinya sobat bisa lakuan ini :
  1. Secara berkala sapu rambut yang menempel pada mata pisau clipper menggunakan kuas, pada saat sedang dalam kegiatan mencukur rambut.
  2. Jika sudah banyak rambut menempel di selah bagian dalam sobat bisa dorong sisa rambut dengan menggunakan kertas tebal.
    Merawat mesin cukur agar tetap awet
  3. Secara berkala ( 2-3 minggu sekali) sobat boleh membuka mata pisau clipper yang bertujuan untuk membersihkan sisa rambut yang tidak terjangkau didalam mata pisau clipper.

2. Memberi Minyak Pada mata pisau Clipper

Merawat mesin cukur agar tetap awet

Perawatan ini juga penting sekali dan harus dilakukan, kalau tidak sobat akan kehilangan ketajaman si mata pisau clipper.
Benar saja jika tidak ada pemberian minyak maka yang terjadi akan seperti ini :
  1. Mata pisau clipper mudah berkarat
  2. Cepat tumpul meski di asah berulangkali.
  3. Pergerakan mesin lambat
  4. Tenaga tidak setabil
Untuk waktu pemberian minyak ( oil ) sobat bisa lakukan pada saat sedang kegiatan mencukur jika pergerakan mata pisau melambat. Selanjutnya pada saat setiap mau pulang atau tutup pangkas rambut sobat bersihkan dulu mata piasunya lalu beri oil pada ujung dan pangkal mata pisau clipper

Oil/minyak yang di gunakan bisa minyak khusus mesin cukur atau bisa juga menggunakan minyak singer.

3. Mengasah Mata Pisau Clipper

Jika mata pisau clipper dirasa sudah tidak tajam lagi, sobat bisa mengasahnya. Untuk mengasah mata pisau juga tidak boleh sembarangan ya sobat, jika hal ini sobat lakukan dengan asal -asalan yang terjadi malah akan tambah tumpul.
Untuk mempertajam pisau clipper banyak sekali metodenya sperti :
  1. Menggunakan autosol
  2. Media plat baja dan amril/ brasso
  3. Menggunakan Kaca dan amril/ brasso
  4. Mnggunakan kertas pasir juga bisa
Salah satunya saya pernah mempraktekan  cara mengasah clipper wahl dengan menggunakan autosol, untuk hasil ini saya lakukan berhasil.  Namun keadaan mata pisau mesin sebelunya kurang tajam, bukan keadaan mata pisau sudah tumpul. Jika tumpul beda lagi perlakuanya salah satu contohnya ialah di asah dengan menggunakan plat baja dan amril.

4. Perawatan Lainya

Layaknya makhluk hidup pasti membutuhkan makanan tambahan agar tetap vit dan lebih sehat. Nah begitu juga barang yang dipakai seperti alat elektronik salah satunya mesin clipper, agar tidak cepat rusak maka di tambahlah perawatan lainya yaitu dengan membuka body cover mesin secara berkala lalu bersihkan bagian dalam dari sisa rambut yang menempel. Dengan perlakuan ini dipastikan sobat bisa melihat keadaan mesin apakah noramal atau sebaliknya, dan juga kegiatan ini akan bisa memberikan dampak mesin clipper sobat lebih terwat dan terjaga ketahanan dan performa mesin.

Sobat bisa lihat tutorialnya di bawah ini


Oke sobat, dengan perawatan yang rutin mesin clipper yang saya lakukan memang terbukti, ketajaman mata pisau clipper bertahan lebih dari setahun dan belum pernah di asah sejak dibeli. 

Semoga saharing merawat mesin cukur agar tetap tajam, menjadi inspirasi untuk sobat NONGOLERS dan orang yang membutuhkan. sampai jumpa dilain waktu dengan informasi seputar pangkas rambut yang lebih update dan terbaru. bye.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Merawat Mesin Curkur Agar Tetap Tajam "

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel