Krim Cukur Yang Biasa Digunakan Oleh Tukang Pangkas

Setelah cukur atau pangkas rambut tahap paling akhir adalah mengerik atau mengerok sisa rambut yang masih belum rapi, nah sebelum tahap pengerokan pasti ada krim yang di oles ke kulit kepala. krim cukur ini berfungsi sebagai pelumas atau pelicin pada saat mencukur ( mengerok) dengan tujuan tujuan agar kulit tidak iritasi atau luka menggunakan pisau silet.

Mungkin ada beberapa pertanyaan dari sobat yang seperofesi dengan saya sebgai tukang cukur terutama yang masih pemula, kirm cukur apasih yang biasa digunakan oleh tukang pangkas? Pertanyaan ini memang sepele, namun bagi sebagian orang yang inovasinya tinggi mereka memnfaatkan kirm cukur dari bahan yang ada di sekitar dan murah meriah saja. hehe seperti saya sedikit banyaknya pengalaman menjadi tukang pangkas rambut yang merekomndasikan krim cukur untuk sobat.

BERIKUT KRIM CUKUR YANG BISA SOBAT GUNAKAN

1. Hand & Body Lotion

Krim cukur yang biasa digunakan oleh tukang pangkas

lotion atau pelembab kulit termasuk alternatif krim cukur lainya sobat. kenapa harus lotion ? 
kalo menurut pribadiku lotion itu
  • Murah.
  • Mudah didapat.
  • Tidak terlalu perih di kulit dibandingkan bahan yang lainya, ini yang terpenting.
  • Nyaman di kulit.
Cara penggunaanya pun sangat mudah sobat bisa langsung pakai, atau bisa juga di tambah dengan air mineral agar bisa menghemat pemakian.
Perbandingan air dan lotion kira- kira 0.5 : 1.

2.Sabun Mandi Batangan 

Krim Cukur Yang Biasa Digunakan Oleh Tukang Pangkas
Sobat pasti tau ya kan? Sabun batangan yang biasanya kita gunakan sebagai pembersih badan saat mandi. Banyak sekali pilihan dan merek yang tersedia di kedai terdekat, harga bisa menyesuaikan mau yang murah hingga yang mahal. kisaran harga mulai dari Rp 3000 - Rp 5000 saja. 
Selain harganya ekonomis dan aman dikulit, menggunakan sabun mandi batangan sangat awet loh.
yuk intip cara meraciknya :
  1. Siapkan air kurang lebih 50 ml
  2. Sediakan mangkuk besar lalu tuangkan air 50 ml tadi kedalam mangkuk.
  3. Masukan sabun mandi batangan kedalam magkuk berisi air tadi.
  4. kocok hingga mengahislkan banyak busa, usahakan busanya yang banyak dari pada air. ini bertujuan agar saat pengolesan tidak meluber kemana - mana.
Racikan krim cukur siap digunakan.

3. Sabun Cuci Piring Cair

Krim Cukur Yang Biasa Digunakan Oleh Tukang Pangkas

Eitss jangan salah kaprah loh, gunakan yang cairan ya !! bukan sabun yang colek atau yang batangan ya sob. Bahan ini sangat mudah di temukan di sekitar kita, kenapa saya menyarankn menggunakan sabun cuci piring cair?

Jadi keunggulan sabun cair ini yaitu:
  • Murah 
  • Banyak busanya
  • Mudah di cairkan
  • Tidak panas di kulit

CARA MERACIK
Sediakan wadah atau mangkuk kecil 
Siapkan air dan sabun cuci piring cair dengan perbandingan 1:2.
Sebagai contoh : 
Jika sobat ingin membuat 10ml air maka sabun cuci piring cairnya sebanyak 20ml.
Kocok atau aduk hingga merata dan mengeluarkam busa.
krim cukur sederhana sudah siap di pakai.

4. Sahmpo

Krim Cukur Yang Biasa Digunakan Oleh Tukang Pangkas

Oke lanjut ke krim cukur hand made selanjutnya adalah shampo, sobat pasti tau yang bisa untuk cuci rambut. Nah sampo bisa jadi alternatif sebagai kirm cukur jug loh, teksturnya yang licin dan berbusa sehingga mudah di aplikasikan di kepala sebagai pelumas saat mencukur.

untuk budget yang di perukan untuk memebeli sampo juga tidak mahal, cukup modal uang Rp 10.000 sudah dapat 1 botol yang sedang. Jika ingin lebih irit lagi sobat bisa beli yang sasetan harga Rp 1000 rupiah di warung- warung terdekat.

cara meracik krim cukur sama seperti alternatif nomor 2 yang sub judulnya sabun cuci piring cair, namun berbeda pada ukuran perbandingan yaitu 1:1 untuk air dan sampo.

5. Sabun Mandi Cair 

Krim Cukur Yang Biasa Digunakan Oleh Tukang Pangkas
Foto: Tokopedia
layaknya sabun batangan untuk memebersihkan tubuh, sabun mandi cair juga bisa di pergunakan sebagai krim cukur juga loh. Selain mudah larut ke air sabun mandi cair mudah di temukan di kedai terdekat.

Tenang saja arganya masih terjakau dari Rp 10.000 - Rp 30.000 sudah dapat botol yang sedang dengan volume 200 - 500 ml. Ya lumayan lah untuk bisa di pakai 1-2 bulan kedepan.

Cara meraciknya, campurkan air dan sabun perbandingan 1:2. lihat kekentalan sabun tersebut ya sob, jika agak encer perbandingn air sobat kurangi airnya atau gunakan perbandingan 1:1. Hal ini bertujuan untuk menghindari krim cukur yang terlalu cair yang mengakibatkan akan meleleh saat di aplikasikan ke kulit kepala pelanggan.

6. Krim Cukur Khusus

Krim Cukur Yang Biasa Digunakan Oleh Tukang Pangkas
Foto: Bukalapak
Untuk krim cukur khusus memang ada dan di gunakan oleh pengsusaha sekelas barber shop, krim cukur khusus banyak tersedia hanya di kota- kota besar. Sedangkan bagi orang jauh dari kota sangan sulit menemukanya, selain itu harga yang mereka tawarkan juga mahal. Untuk ukuran 150 ml- 200ml saja harganya Rp 30.000 - Rp 500.000 kebayangkan dengan raganya yang menguras kocek. 
Hal ini tidak mengapa jika bisnis mereka yang mempunyai kelas barbershop yang menyediakan dan memberi pelayanan yang memuaskan termasuk dalam bahan yang mereka gunakan seperti krim cukur ini.

kelebihan krim cukur khusus ialah
  • bahan gliserin
  • Nyaman di kulit
  • Instan (siap pakai) 
  • Gengsi 

7. Air Mineral


Sobat pasti sudah membayangkan kenapa harus menggunakan air mineral untuk krim cukur. Nah keadaan ini bisa di pakai ketkia sedang keadaan darurat, sepertihalnya kehabisan krim cukur. Nah sobat bisa semprotkan atau oleskan saja air dari semprotan rambut yang biasa digunakan untuk membasahi rambut khusus dalam keadaan darurat saja ya!

Nah, sekarang sudah taukan betapa banyaknya bahan disekitar kita yang bisa digunakan untuk kirm cukur, sobat bisa pilih mau menggunakan krim cukur yang mana diantara 7 krim cukur diatas.

Oke sobat seprofesiku, jika ada kritik dan saran silahkan komen di kolom komentar yang sudah di sediakan. Jangan lupa dukung blog ini biar berkembang dan bisa jadi inspirasi untuk semua orang, bagiakan halaman ini ke teman, saudara atau yang membutuhkan dan sobat bisa bagikan juga artikel ini melalui sosial media yang tersedia akhir tulisan ini. 
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Krim Cukur Yang Biasa Digunakan Oleh Tukang Pangkas"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel