fungsi baut yang ada di samping bodi clipper

Sobat yang seprofesi denganku sebagai tukang cukur pasti faham dengan judul yang saya tulis, Baut tersebut berwarna hitam berbahan plastik yang terletak pada sisi atau bagian samping kanan bodi clipper. Ukuran baut berdiameter 1/3 inci, bagian kepala persis baut pada umumnya ada yang model plus, model min dan memiliki drat.

Fungsi baut yang ada di samping bodi clipper
Baut hitam di samping bodi clipper

Pada episode sebelumnya Blog INFO NONGOL pernah membahas tentang fungsi tuas pada clipper, nah bagi sobat yang belum tau silahkan baca sampai habis. Selanjutnya agar lebih mengentahui luas tentang komponen mesin cukur satu - persatu,  Oke lanjut ke pembahasan apasih fungsi baut yang ada di samping bodi clipper dan bagaimana cara kerjanya.

BERIKUT FUNGSI BAUT YANG ADA DI SAMPING BODI CLIPPER

Baut disini berfungsi sebagai penyangga atau tempat dudukan spring yang tersambung dengan plat sebagai alat penggerak mata pisau, baut tersebut juga berfungsi untuk mengatur hasil getaran yang didapatkan Yaitu getaran lemah dan getaran kuat. 

Penjelasan getaran lemah dan getaran kuat

Dalam halini cara kerja mesin cukur yaitu, masuknya energi listrik ke bagian spul lalu menghasilkan energi gerak pada plat besi yang mengakibatkan jika mesin cukur di hidupkan maka akan bergetar. pergerakan plat besi akan mengarah kekiri dan kekanan secara bolak- balik, Jadi alur plat yang bergerak itulah sebagai penggerak mata pisau. 

  • Jika gerak atau getaran lemah maka pergerakan mata pisaupun pelan, ini berpengaruh juga pada hasil pemotongan apabila terlalu lemah akibatnya rambut tidak terpotong sempurna alias tumpul.
  • apabila getaran kuat itu artinya tenaga geraknya kencang, maka hasil pemotongan akan sempurna. hal ini tidak disarankan juga jika getaran terlalu kencang, karena jika dipaksakan getaran terlalu kencang akan mengakibatkan bunyi berisik pada mesin.
jadi itulah fungsinya baut yang berada di samping bodi mesin, baut tersebut juga bisa diatur jika kondisi getaran terlalu keras maka dikurangi. Sebaliknya jika getaran kuarang maka di tambah. Loh bagaimana cara kerjanya? oke yuk simak berikut cara kerjanya 

CARA SETTING BAUT YANG ADA DI SAMPING BODI CLIPPER 

yang di sediakan hanya obeng plus atau bisa juga menggunakan obeng min. Layaknya seperti baut biasa yang bisa di kencangkan atau dikendorkan. 
Jadi untuk penggunaan yang tepat ialah seperti ini:

  1. Hidupkan mesin clipper
  2. Dalam keadaan mesin masih hidup lalu putar baut searah jarum jam sampai bunyi brisik (krrrrrrk) .
  3. Lalu buka atau kendorkan baut secara perlahan sampai bunyi brisik hilang
Sebagai pendukung cara settingnya sobat bisa lihat video yang sudah saya buat di menit ke 5:12



PENTING : hati - hati dalam membuaka baut jangan sampi terlalu kekndor, akibatnya nanti kinerja mesin tidak maksimal. jadi ketika perlahan membuka baut dan bunyi brisik perlahan akan hilang, sobat harus menghentikan pemutaran baut. 

Dengan sedikit banyaknya pengalamanku menjadi tukang pangkas rambut, di media inilah saya berbagi ilmu apa yang sudah saya ketahui. untuk para pengunjung dan sobat INFO NONGOL semoga dengan informasi sederhana ini bisa menambah pengalaman dan manfaat terlebih sobat yang belum mengtahui apa fungsi baut berwarna hitam di samping bodi clipper. 

Nantikan terus informasi terupdate di Blog ini agar sobat dan pengunjung bisa mampir lagi kesini dengan informasi yang fresh, dukung juga blog ini agar terus berkembang dengan cara bagikan halaman ini di sosial media yang tertera di akhir artikel. Oke sampai jumpa dilain waktu.

Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "fungsi baut yang ada di samping bodi clipper"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel