cara membuat daya tarik pelanggan di tempat pangkas rambut

Setiap pelaku usaha pasti mempunyai daya tarik masing- masing, hal tersebut bertujuan agar pelanggan yang berdatangan akan betah bahakan bisa kembali dan menjadi langganan tetap. Tak terkecuali di bidang jasa seperti pangkas rambut. Membahas bagaimana cara membuat daya tarik untuk tempat pangkas rambut, silahkan sobat baca penjelasan dibawah ini.

Cara membuatdaya tarik pelanggan di tempat pangkas rambut
Pixabay

Membuat karakter yang mempunyai daya tarik tempat pangkas rambut sangatlah mudah, sobat bisa sesuaikan dengan inovasi masing - masing contohnya dari segi pelayanan, perlengkapan dan lain- lain. Hal ini sudah menerapkan sesuai pengalamanku menjadi tukang pangkas rambut. Untuk itu secara detail berikut yang harus sobat lakukan untuk  menarik perhatian pelanggan di tempat pangkas rambut sobat. 

1.Memperindah tempat

salah satu daya tarik berjualan atau penyedia jasa seperti pangkas rambut adalah tempat yang bagus, secara fisik bangunannya tidak terlalu kecil yang menyebakan tidak leluasa pelanggan untuk menunggu antrian. Selanjutnya sobat bisa tambahkan dengan inovasi lainya seperti:

  • Pengecatan full colour atau bisa ditambah colour desain
  • Pemberian papan nama
  • Pasang lampu barber
  • Pasang A.C
  • Tersedia banyak tempat duduk

2.Pijit setelah cukur rambut   

Tambahan pemijitan kepala setelah cukur rambut memang tidak semua daerah menerapkan pijit kepala, dan pemijitan kepla tidak berlaku di daera tempat ku. Namun sebagian pelanggan memang senang jika kepalanya di pijit setelah pangkas rambut, itu berarti ada nilai tambahan jika sobat menerapkan pemijitan kepala dan pelanggan merasa puas cukur rambut di tempat sobat, selanjunya besar kemungkinan pelanggan bakal balik lagi untuk cukur rambut ditempat sobat dengan adanya daya tarik pijit kepala setelah cukur rambut tadi.

3. Mesin cukur harus tajam

Bayangkan jika mesin cukur yang sobat gunakan sudah tidak tajam, apa yang terjadi jika dipaksa untuk mencukur rambut. Yang pastinya akan sulit untuk motong rambut, memakan waktu yang lama, bahkan yang fatalanya rambut bisa terjepit dan pelanggan akan merasakan kesakitan.

Nah disini saya pernah mendapat pengalaman cerita pelanggan yang kecwa terhadap orang yang mencukur rambutnya terasa sakit karena terjepit. Jadi mulai dari situ pelanggan enggan cukuran di tempat itu lagi dan pindah ke tempat saya.

kesimpulanya adalah pertahankan kualitas mesin cukur untuk kenyanan pelanggan, sudah jelas bahwa pelanggan yang merasa tidak nyaman pasti mereka bakalan pergi dari tempat itu dan berpinda tempat yang lain. Dalam tanda kutip sobat akan kehilangan pelanggan.

4. Cukuran sesuai keinginan pelanggan

Pertahankan hasil cukuran sobat jika pelanggan kembali lagi minta untuk dincukur, diperlukan konsistensi setiap hasil cukuran. Pengalaman Saya pernah mencukur pelanggan baru dan katanya hasil cukuran sangat bagus, dalam kurun waktu pelanggan datang lagi minta di cukur. waktu itu saya lupa model  kemaren yang pernah saya bikin dan akhirnya hasil cukuran tidak sesuai. Beliaupun tidak lagi cukuran di ketempatku dan pindah ke tempat lain.
Yang harus sobat tekankan adalah kualitas hasil cukuran terhadap setiap pelanggan minimal harus hafal dan juga harus konsisten.

 5.Beri sentuhan hiburan

pelayani satu pelanggan saat mencukur rambut bisa memakan waktu 10- 15 menit bahkan lebih dari itu, jika sobat hanya sendiri pelanggan pasti bakal ngantri. Oleh karenanya untuk mengurangi kejenuhan pelanggan dalam antiran, sobat bisa tambahkan hiburan seperti musik menggunakan sound sistem. Atau bisa juga pasang televisi agar pengunjung merasa betah saat mengantri di tempat pangkas rambut sobat.

6.Wajib ramah terhadap pelanggan

komunikasi salah satu media terjalinya kedekatan antara seseorang dengan yang lainya, begitu juga kedekatan tukang pangkas dengan pelanggan harus  ramah dan terjalin dengan baik. Jadi dengan adanya sedikit obrolan terhadap pelanggan, situasi si pelanggan terasa tidak diacuhkan.

Contoh : 

  • Pada saat pelanggan datang di depan pintu sobat jangan diam saja, melainkan sobat harus sapa pelanggan seperti ini  " silahkan masuk atau silahkan duduk".
  • Ketika sedang mencukur pelanggan sobat bisa pancing untuk mengobrol , jika pelanggan merespon lanjutkan saja. Tapi ada sebagian orang yang kurang suka di ajak ngobrol, nah tipe yang seperti ini sebaiknya ikuti saja alur  respon pelanggan.

Dari beberapa poin diatas, poin mana yang sobat terapkan. Nah, jika masih belum ada satupun yang diterapkan sebaiknya sobat coba ya! Selain itu jika salah satu poin suda ada yang dieterapkan bisa sobat tambahkan lagi poin mana yang belum dicoba.

Membangun karakter usaha cukur rambut harus dibarengi dengan kesabaran, usaha dan Do'a demi kelancaran menjalankan misi. Cara ini sudah saya terapkan selama pengalamanku menjadi tukang pangkas rambut dan alhamdulillah karakter tempat pangkas rambut terbangun dengan baik dan akhirnya banyak pelanggan yang tertarik dan menjadi langganan tetap.

Demikian sharing seputar pangkas rambut di  episode kali ini, semoga menginspirasi sobat yang membutuhkan. terus dukung Blog INFO NONGOL agar tetap eksis kedepanya. Bagikan halaman ini di sosial media anda tepat di akhir artikel ini. 

Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "cara membuat daya tarik pelanggan di tempat pangkas rambut"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel