fungsi tuas pada clipper

Tidak sedikit orang yang mempunyai mesin cukur ( mesin clipper ) dan belum mengetahui bagian atau fungsi komponen yang terdapat pada clipper. Salah satunya adalah tuas yang ada di bagian atas clipper tepat berada di sebelah samping kiri bodi, Tuas bisa dibilang komponen yang memiliki peran penting dan mempermudah dalam pencukuran. Bagi anda yang masih pemula atau yang butuh informasi terkait fungsi tuas pada clipper tersebut mari simak penjelasanya.

Bentuk tuas disini menyerupai tungkai kecil seperti handle yang berukuran kecil dengan ketebalan 3cm dan panjangnya 1,5 inci. Tuas biasanya terletak di samping kiri bagian atas clipper, fungsi tuas disini ialah untuk mengatur ketebalan atau tipisnya hasil cukuran rambut. Penggunaan tuas memang sangatlah mudah, hanya dengan menurun dan menaikan tuas saja. Namun sebagian orang masih banyak yang belum tau bagaimana proses dan hasil yang di dapat ketika kita memainkan tuas tersebut. Untuk itu mari kita bahas dan simak penjelasanya di bawah ini.

lihat gambar dan inilah bentuk tuas celipper atau mesin cukur rambut.

fungsi tuas pada clipper

Secara khusus fungsi tuas adalah sebagai alat penggerak mata pisau pada bagian bawah atau mata pisau yang besar, arah pergerakan tuas bisa keatas, ketengah, dan kebawah. 

Ini penjelasan yang lebih detailnya

1. posisi tuas clipper keatas 

fungsi tuas pada clipper

Apabila tuas clipper di naikkan keatas atau dalam bahasa tukang cukur itu ( close ), jadi Jika tanpa menggunakan alas clipper disebut (nol) nanti hasil cukuran akan pendek maksimal menyisakan rambut dengan panjang 1mm. Tapi jika dikombinasikan dengan alas clipper maka akan menyisakan rambut sesuai dengan nomor alas clipper tersebut. Menganai apa itu alas clipper bisa anda lirik juga fungsi ukuran sepatu clipper ( alas clipper).

2. posisi tuas clipper ketengah

fungsi tuas pada clipper

Tuas clipper posisinya tepat di pertengahan bagian bodi samping seperti  yang terlihat pada gambar, hasil cukuran yang di dapatkan sedikit lebih tebal dari sebelumnya ketika tuas di naikkan. Atau lebih tepatnya menyisakan rambut dengan panjang 1,25 mm.

3. posisi tuas clipper kebawah

fungsi tuas pada clipper

Terlihat posisi tuas sudah full kebawah, itu artinya mata pisau yang bagian bawah akan terdorong hingga naik full keatas. Maka saat pencukuran akan menyisakan rambut yang lebih tebal berkisaran panjangnya 1,5 mm

Begitulah ringkasan proses kerja tuas yang terdapat pada alat mesin cukur atau clipper, terlihat memang sepele. Namun untuk anda yang masih belajar nyukur atau ingin belajar cukur rambut sebaiknya anda kenali dulu tiap - tiap komponen yang ada di mesin cukur rambut, selanjutnya anda bisa belajar bagaimana cara menggunakan mesin cukur wahl di media ini juga loh.

Ini dia penjelasan video singkat dari semua rangkuman di atas bagaimana proses tuas pada celipper tersebut.


Kiranya anda bisa  memahami apa kegunaan tuas clipper yang sudah di jelaskan diatas, selanjutnya anda bisa baca lagi informasi penting seputar pangkas rambur di media ini. Yuk dukung Blog ini agar terus berkembang caranya cukup dengan membagikan informasi ini di media sosial yang ada di akhir artikel ini. Jangan lupa sisiran dan salam ganteng, Sekian dan Trimakasih.

Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

4 Responses to "fungsi tuas pada clipper"

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel