Cara mengatasi grogi saat mencukur rambut

Kegiatan mencukur rambut memang bukan hal mudah bagi sorang pemula, rasa grogi atau nervous pasti ada. apalagi ketemu dengan pelanggan baru dan menghadapi banyak orang dengan watak yang berbeda- beda, untuk itu kalian harus mengatahuai hal yang harus dimiliki tukang pangkas rambut. Lalu akibat dari grogi tadi akan mempengaruhi kenerja dalam mencukur rambut menjadi tidak maksimal, tidak sedikit pelanggan kadang mengomel dengan hasilnya tidak sesuai yang di inginkan akhirnya gagal jika tidak fokus dan teliti.

Cara mengatasi grogi saat mencukur rambut pelanggan
Credit picture by : pixbay

Jadi utnuk mengatasi hal-hal seperti di atas menurut pengalamanku selama menjadi tukang pangkas rambut sangatlah mudah, tips ini bisa anda coba untuk di aplikasikan setiap saat mencukur rambut pelanggan. Oleh karena itu izinkan saya untuk berbgai ilmu sekaligus memberi informasi terupdate di blog ini tentang cara mengatasi grogi saat mencukur rambut.
Tidak memeperpanjang mukadimah yuk langsung aja simak penjelasanya.

1. Fokus

Semua pekerjaan dalam bidang apapun tindakan untuk fokus adalah wajib, termasuk pekerjaan sebagai tukang cukur harus lebih fokus lagi. Terlebih bagi tukang cukur yang masih pemula terjun di bidang tata rambut ini di tuntut untuk melayani pelanggan dengan skill dan kemampuan yang ada dengan menata atau mencukur rambut sesuai dengan keinginan. Fokus disini dalam artian kita harus benar- benar teliti, tulus, ikhlas dan mencintai pekerjaan mencukur rambut. kemudian saat mencukur rambut tumpuan imajinasi dalam otak harus tertuju pada model yang di inginkan disaat mencukur rambut pelanggan.

2. Jangan terburu- buru

Pada saat si pelanggan datang jangan lamgsung buru langsung mencukur rambut tanpa menanyakan model apa yang di inginkan, kecuali pelanggan yang sudah biasa potong rambut di tempat anda bisa langsung eksekusi tanpa harus menanyakan model yang di inginkan. Setelah meneliti pola rambut dengan cara menyisir dan alat sudah di persiakan barulah mulai mencukur denan perlahan, kemudian pada saat mencukur anggota tubuh jangan di tegangkan atau jangan kaku. Karena profesi tukang cukur bisa disebut ilmu seni yang dilakukan dengab kelembutan dan kosentrasi.
Lakukan interaksi dengan pelanggan
Suatu hal yang melibatkan langsung dengan orang kita di tuntut untuk ramah, begitu juga dengan profesi tukang cukur yang berinteraksi atau berhadapan langsung secara personal pada saat melayani pelanggan. Jadi buatlah pelanggan tidak bosan dengan sentuhan komunikasi pada saat sedang mencukur, tapi jangan ngobrol panjang lebar  loh!!! Dengan demikian secara tidak langsung terjadi sedikit sharing dan keakraban satu sama lain dan ada karateristik tersendiri didalamnya rasa grogi akan hilang, dengan trik ini tidak sedikit juga pelanggan yang akan balik lagi untuk mencukur rambut di tempat anda. Dalam hal ini juga otak di tuntut singkron dari pekerjaan dan saat sedang berinteraksi dengan pelanggan.

3. Lakukan evaluasi

Sekiranya pencukuran rambut sesuai yang di inginkan, evalusai lagu dengan cara menanyakan hasil yang sudah di kerjakan. Dengan demikian otomatis pelanggan menilai dan jika ada kekurangan bisa di perbaiki. Tips ini menunjukan bahwa tingkat services yang baik di nomor satukan, sehingga peanggan akan puas terhadap kinerja kita dan menambah percaya diri anda dalam mencukur  rambut.

4. Di tuntut untuk sabar

Saya menilai bahwa dalam segala aspek kehidupan Tak lepas dari kesabaran, apaun yang kita lakukan dan kita hadapi termasuk pekerjaan tak kecuali profesi tukang cukur. Sebab pengalamanku menghadapi pelanggan yang bermacam-macam watak tentunya harus di bekali kesabaran yang ekstra, seperti yang pernah saya alami mencukur rambut pelanggan yang cerewet, namun di balik kesabaran yang kuat terdapat manfaat pada diri.
Empat tips diatas saya kira cukup untuk bekal dalam menjalankan usaha pangkas rambut, terus konsisten menjalankan apapun usaha anda. Belajar terus jika ada kekurangan, jadikan kritik sebagai evaluasi kedepan lebih baik.

Sampai disini dulu pembahasan seputar pangkas rambut kali ini, semoga dengan empat tips diatas bisa mengurangi rasa grogi saat mencukur rambut pelanggan anda. Nantikan terus update informasi pada episode selanjutnya, kiranya konten ini berguna/ bermanfaat silahkan share melalui icon media sosial yang sudah di sedikan di bawah artikel.
Jangn lupa becermin dan salam ganteng.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Cara mengatasi grogi saat mencukur rambut"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel