Cara mengatasi kegagalan dalam berwirausaha

Sebagian besar orang yang perpengalaman dan mempunyai wawasan luas pastinya ingin berwirausaha, mengebangkan dan mengelola usahanya sendiri. Ada beberap faktor kenapa lebih memelilih untuk bekerja dengan usahanya sendiri ( wirausaha) yaitu ingin mengembangkan hobinya, ingin membuat lapangan kerja, kemudian tak sedikit orang membuka usahanya sendiri karena tidak ingin disuruh-suruh dan seperti dikekang oleh pekerjaan dengan target dan tekanan kerja.

Mengatasi kegagalan dalam berwirausaha

Berwirausaha juga tidak serta-merta mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat, ada konsekuesnsi dan ketekunan dalam berwirausaha. Dalam hal ini saya pernah mengalami bagaimana mengelola usaha sendiri.
Dalam menjalankan usaha sendiri banyak sekali tantangan yang harus dihadapai, tak dipungkiri masalah yang datang seperti sepi pengunjung, kalah bersaing, hingga bankrut dan kegagalanpun terjadi. Keadaan ini janganlah menjadi satu momok, tapi jadikan suatu tantangan yang memang wajar dihadapai dalam berwirausaha dalam bidang apapun.

Jadi apa yang harus dihadapi jika kegagalan dalam berwirausaha menghadapi anda ? Berikut cara mengatasi kegagalan dalam berwirausaha:

Belajarlah Dari Kesalahan untuk Mencegah Kegagalan

"Salahsatunya saat kamu gagal adalah ketika tidak belajar dari kesalahan terjadi. Jika kamu telah belajar pelajaran dalam kesalahan, maka mundurlah dan terapkan pengetahuan baru. jadi dari kesalahan - kesalahan itulah sebagai guru terbaik dalam menjalankan usaha. terus perbaiki dan berbenah, kemudian lebih
fokus untuk perbaiki masalah dan tetap konisten menjalani usaha sehingga sukses.

berlaku jujur

"ayo kita jujur: tidak ada orang yang mau gagal, dan mendapatkan kegagalan yang sama. perbaiki pola pikir untuk mencari jalan dengan cara yang salah sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan yang di inginkan. Jika  benar-benar takut akan gagal, sama saja membuang energi yang dibutuhkan untuk mencari Yang tidak memiliki Manfaat. Dapatkan energi positif dan kembali ke proses kejujuran dan dapatkan hasil yang lebih positif.

Jangan Takut untuk Mencari Bantuan

"Kewirausahaan merupakan sebuah perjuangan, tetapi Anda tidak sertamerta harus menjalaninya sendirian. carilah bantuan siapa yang harus dituju dan bisa menjadi konsleing ketika Anda membutuhkan nasihat akan membantu membuat posisi terendah lebih tertahankan. Ketika para pendiri dan investor mungkin tidak bisa membantu, cobalah untuk mencari pengusaha yang lebih berpengalaman yang cukup jauh dari bisnis untuk menawarkan saran yang Anda butuhkan (baik itu pribadi atau profesional). seperti pengalaman saya ketika menjalani usah pangkas rambut saya bekerja sama dengan orang yang lebih berpengalaman untuk mengelila usaha kami.

Dapatkan Nyaman Menjadi Tidak Nyaman

"Menjadi seorang wirausaha adalah diibratkan merasa tidak nyaman tetapi tetap bergerak maju. Belajarlah untuk menghargai ketidaknyamanan Anda, sebagai keberanian. hadapai ketakutan Anda akan kegagalan, dan hingga akhirnya Anda akan menaklukkan  ketidaknyamanan tadi." 

"Jika sudah merasa tidak takut lagi, maka rasakan kebebasan. namaun ada Kesuliatan dan ketakutan yang kecil itu berarti anda mungkin sedang menuju sesuatu, atau setidaknya anda sudah menuju ke arah yang benar. hadapi ketakutan itu , d,an gunakan itu sebagai pemicu semangat untuk mengambil langkah besar selanjutnya.

"Ada dua manfaat besar apabila mendapat kegagalan dengan cepat. Yang pertama adalah Anda dapat dengan cepat mencari tahu apa yang tidak efektif dan beralih ke menemukan solusi baru yang lebih baik. kedua adalah bahwa setiap kegagalan sedikit mengurangi kaget dalam suasana, jadi semakin cepat Anda terbiasa dengan  kegagalan di awal, semakin baik. dengan begitu anda dengan segera memperbaikinya.

Jadilah seorang wirausaha yang rendah hati

"Keberhasilan wirausahawan selalu dibumbui dengan kegagalan. Kegagalan pertama adalah mengajarkan kita kerendahan hati yang  dibutuhkan untuk menjadi sukses. Semakin cepat Anda gagal, maka semakin cepat Anda bisa menyadari akan jawaban. Anda menjadi haus akan jawaban dari kegagalan, dan Anda akan berjuang dan bekerja lebih keraslagi, dengan mencari nasihat, berbagi cerita, dan terhubung dengan orang lain. tahapan ini membantu Anda mengendalikan emosi karena Anda pernah mengalami dan terbiasa. hingga pada akhirnya, itu membuat Anda tetap rendah hati.

Itulah kiat-kiat bagaimana menghadapi setiap kegagalan dalam berwirausaha, hadapi permasalahan dengan fokus dan tuntas, tetap semangat untuk mencapai hasil maksimal. Semoga bermanfaat dan salam sukses.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel