Rayap yang luar biasa

Cerita pengalaman pada Zaman tahun 2013/2014, waktu itu sekolah duduk di bangku SMP. Nah di tahun tersebut apakah anda pernah merasakan adanya lembar kerja siswa atau singkatanya L.K.S, buku panduan belajar ini waktu itu Namanya Panduan Belajar MEFI SLTP terbiatan dari MEFI CAKRA yang berisi rangkuman materi pembelajaran, soal latihan dan ulangan. Tidak hanya itu pada Edisi di Era tersebut di bagian sisi sampul buku bagian dalam terdapat kutipan Jendela pengetahuan yaitu cerita singkat tentang rayap yang luar biasa.
Rayap

Penasarankan yang belum tau apa isinya? Yuk simak ceritanya.

Rayap adalah serangga kecil menyerupai semut. Mereka hidup secara berkelompok dan membangun sarang yang sangat menakjubkan di padang rumput yang terbuka. Bahan utama sarang rayap adalah butiran - butiran tanah yang di campur dengan air liur sebagai bahan perekat. Kadang- kadang tinggi sarang rayap dapat mencapai 3 sampai 4 meter. Bila di bandingkan dengan ukuran rayap, maka tinggi sarang tersebut sama dengan gedung penckar langit bagi manusia, woooow.

Bagian dalam sarang di penuhi lorong -lorong sempit dimana kurang lebih 1.5 juta rayap yang bekerja bersama dengan keharmonisan yang luar biasa. Bila di amatai penampang melintang sarang rayap akan terdapat sebuah bilik khusus untuk sang ratu rayap, gudang- gudang penyimpan makanan, dan lahan pertanian  ( rayap memelihara cendawan pada tanaman tang sudah mati untuk di makan).

Di dalam sarang rayap juga terdapat sistem ventilasi untuk menjaga agar suhu dalam ruangan ratu rayap tetap konstan sehingga sang ratu dapat terus bertelur. Sistem pendingin di dalam lorong ventilasi dibuat berupa lembaran - lembaran tipis berjajar sperti pelat pendingin speda motor. 

Lembaran tipis yang terbuat dari lumpur tersebut dapat menyerap kandungan air dab panas yang dikeluarkan oleh tubuh rayap, sehingga tercapai suhu dan kelembapan udara yang sesuai. Yang lebih menakjubkan adalah rayap yang membangun kesemuanya itu adalah buta.

Cerita di atas terdapat kesimpulan baik yang bisa di ambil pelajaran dalam kehidupan bahwa sanya dari aktifiatas binatang rayap yang saling bergotong royong, dengan sistem pencernaan yang tidak sempurna dan buta, rayap mampu membangun rumahnya dengan mengandalkan kelebihan pada rayap yaitu labirin. Mereka membangun rumahnya dengan kompleks dangan bagian- bagian terdapat fungsi tersendiri dan sangat rumit.

Belajarlah dari kebersamaan rayap, dengan sedikt jendela pengetahuan membuat mata kita terbuka untuk menantap, memandang dan selalu menggunakan akal dan fikiran dalam hati untuk meraih sukses, dan sangat menakjubkan  seperti cerminan rayap yang luar biasa.

Sumber : ekologi, jendela Iptek, 2000
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel