Manfaat tanaman ciplukan untuk kesehatan

Tumbuhan obat herbal yang satu ini memang sangat jarang dijumpai karena tidak banyak orang yang membudidayakan physilais/ ciplukan. Tanaman ini bisa dijumpai dan tumbuh liar di kebun/hutan, tepi jalan dan juga hutan terbuka yang terpapar sinar matahari. Bagian seperti daun buah dan akar ciplukan mempunyai manfaat untuk kesehatan loh, berikut penjelasanya.

Physalis angulata

Sekilas bentuk dan ukuran tumbuhan ciplukan mirip daun cabai, bunganya bertangkai, bentuk bunga seperti corong kecil, buahnya di tutupi oleh kantung/ kelopak. Jika buahnya belum masak kantung berwarna hijau tua dengan ruas kelopak berwarna ungu buah di dalamnya berwarna hijau muda, pertanda buah ciplukan sudah masak kelopak/ kantung buah akan berwarna kuning .

Dalam bahasa inggris Ciplukan adalah Morel Berry. Dan tumbuhan ini masih saya budi dayakan terbukti bahwa ada artikel sebelumnya yang mengulas bagaimana cara menanam pohon ciplukan tersebut.
Didalam Buah Ciplukan mengandung vitamin C, asam palmitat, alkaloid, asam klorogenat, polifenol dan sebagainya yang terbukti dapat efektif mengatasi berbagai jenis penyakit.

Dalam Tumbuhan ciplukan ini memiliki antibakteri, anti anflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, anti virus, menetralisir racun dan anti hiperglikemik.
Seringkali tumbuhan ciplukan banyak tidak diketahui oleh orang banyak. dengan Manfaat didalam Akar, Buah, dan Daun Ciplukan untuk Kesehatan Kita Sering Diabaikan. padahal sangat besar manfaatnya untuk kesehatan.

Tanaman ciplukan terdiri dari daun, buah, batang dan juga akar seperti tanaman lengkap lainnya. Jika di pedesaan tanaman ini kita bisa mendapat dengan mudah dan hanya mengambilnya. Namun jika itu buah ciplukan dijual dan mungkin tidak ada yang akan membelinya.

Sebaliknya jika orang yang tau akan manfaat bahkan banyak dijual di kota-kota besar dan bahkan juga luar negeri, tanaman ciplukan ini banyak diperdagangkan bahkan sering dicari. sungguh luar biasa bukan!?, karena tanaman ciplukan ini memiliki manfaat luar biasa, terutama untuk obat berbagai jenis penyakit.
tidak hanya itu, bukan hanya buah yang dapat digunakan untuk obat tetapi bagian lainnya seperti daun, akar dan batang juga bisa digunakan sebagai obat. sejauh ini banyak orang yang meremehkan manfaat ciplukan .

Secara umum tanaman ciplukan ini memiliki peran sebagai tanaman yang memiliki antibakteri, anti-aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemia.

Nah, Di sini kita akan mengulas beberapa manfaat bagian tanaman ciplukan .

Bagian akarnya: 

tanaman ciplukan ini memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti:
  • Mengatasi diabetes mellitus

Manfaatnya buahnya:

  • Mengobati kejang-kejang atau epilepsi
  • Mengobati penyakit paru-paru
  • Mengatasi sakit tenggorokan
  • Mengatasi sariawan dan gusi berdarah. Karena kandungan vitamin C yang begitu banyak terkandung dalam ciplukan.

Manfaat daun ciplukan

  • Untuk mencegah kanker. Menurut beberapa penelitian kesehatan zat steroid yang terkandung dalam daun dan buah ciplukan telah terbukti dapat melawan dan membunuh sel-sel ganas yang menumbuhkan kanker ganas dalam tubuh. Dan dalam penelitian juga telah membuktikan bahwa ramuan ciplukan ternyata mampu mengecilkan ukuran tumor atau kanker.
  • Mengobati bisul.

Semua bagian tanaman

  • Mengatasi tekanan darah tinggi (tensi)
  • bisa mengatasi penyakit rematik
  • Mengobati batuk rejan 
  • Mengobati  bronkitis
  • Mengobati gondo
  • Mengobati pembengkakan testis bagi pria
  • Mengobati influenza

tahap pengolahan :

Pada dasarnya seluruh bagian tanaman ciplukan cara pengolahannya hampir sama yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu lalu ambil hasil rebusan dan tinggal meminumnya. Namun khusus untuk buahnya, Anda bisa memakannya langsung.

Yang perlu diperhatikan adalah jika Anda membuat ramuan ciplukan ini jangan dibiarkan selama sehari semalam, karena jika Anda tetap  mengkonsumsinya maka tidak berfungsi sebagai obat, karena zat yang terkandung di dalamnya rusak.

Setelah mengetahui tentang berbagai manfaat ciplukan bagi tubuh maka sebaiknya mulai sekarang jangan ragu lagi untuk memanfaatkan dengan  mengonsumsi buah dan rmuan tanaman ciplukan ini. Terlebih bagi mereka yang beruntung tinggal di pedesaan dan sebaiknya tanaman ini harus dibudidayakan dan dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan herbal yang berguna untuk orang yang membutuhkan.

Terima Kasih

Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel