HARI SUMPAH PEMUDA

Hari sumpah pemuda yang di selenggarakan pada setiap bulan oktober tanggal 27- 28 oktober menyisakan sejarah yang harus kita ingat, sebagai mana sejarah telah membuktikan sebagai suatu tonggak utama berdirinya republik indonesia, Bertujuan penyemangat mencapai cita- cita berdirinya negara indonesia.

Sumpah pemuda sebagai harapan pemuda untuk indonesia yang lebih maju

Lahirnya sumpah pemuda terjadi setelah adanya kongres pemuda ke-2 yang di selenggarakan di batavia  pada tanggal 27-28 oktober 1928. Di dalam kongres menegaskan cita- cita akan adanya bangsa, bahasa dan tanah air indonesia. Stelahnya, akan menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan indonesia agar bisa di sebar luaskan melalui media surat kabar dan di perbincangkan di muka perkumpulan melalui rapat. 

Dengan terciptanya sejarah sumpah pemuda yang di tulis oleh muhammad yamin yang kemudia n di sodorkan kepada soegondo yang tengah berpidato pada sesiterakhinya berpdato, dan menyetujui sodoran surat berisi tulian yang di beri oleh muhammad yamin dan di setujui kepada peserta kongres lainya. Pada awalnya Bapak Soegondo lah membacakan isi surat dari kongres pemuda yang kemudian bapak muhammad yamain lah yang menjelaskan panjanb lebar isi dari kongres pada saat itu.

Istilah sumpah pemudah terbentuk tidak sektika pada rapat keputusan kongres pemuda ke-2 melainkan setelahnya,
Nah, pada tanggal 28 oktober tajun 1956 kemudian pemerintah menetapkan hari nasional sumpah pemuda tetapi bukan hari besar libur nasional, pada saat itu di tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda telah menetapkan sesuai Keppres No. 316 Tahun 1959.

Dalam prasatinya pada dinding musium sumpah pemuda yang di tulis dengan ejaan van ophuysen versi asli yang berbunyi:
Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Kesimpulan: mari membangun untuk mempersatukan banyak keberagaman bangsa ini mari berjuang sampai titik terakhir. Memberi semangat untuk berjuang memenangkan perjuangan indonesia, mencintai indonesia dengan segenap hati dan bangga menjadi bagian dari bangsa indonesia meski banyak suku bahasa di indonesia tetap menjunjung bahasa persatuan indonesia, jadikan moment hari sumpah pemuda dengan sebaik- baiknya terlebi bagi pemuda- pemuda harapan bangsa unutk indonesia yang lebih maju.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "HARI SUMPAH PEMUDA"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel