Dampak gawai terhadap anak

Fenomena baru dalam perkembangan zaman semakin canggih sehingga memudahkan dalam mencari apa yang di inginkan, Perkembangan yang sangat pesat seperti gawai ( gadged ) yang paling banyak di gunakan di seluruh dunia. Gawai adalah sebuah transformasi elektronik yang bertujuan memudahkan penggunanya lebih memaksimalkan dalam penelusuran gadaged di masa kini, dengan rancangan yang lebih canggih di bandingkan teknologi yang di ciptakan sebelumnya. seperti telpon genggam kini bertansformasi ke samartphone kemudian komputer yang dulunya hanya bisa di pake di rumah kini anda bisa memakainya dimana saja seperti laptop dan note book.

Gawai

Perlu diketahui bahwa dengan kecanggihan yang ada pada gawai mempunyai pengaruh positif dan negative nya juga loh, dalam hal ini juga yang paling menyedot perhatian di kalangan anak- anak dapat mempengaruhi dampak gawai terhadap anak apabila dalam penggunaanya tidak tepat.

Tidak menafikan bahwa gadged banayak berpengaruh peran pentingnya dalam kehidupan sehari-hari terlebih di zaman sekarang, dengan kecanggihan dan teknologi terdepan keberadaan gawai mempunyai pengaruh positif contohnya penggunaan sosial media atau aplikasi jual beli online kita dimudahkan dalam berwirausaha, itu salah contoh yang positif yang harus di nilai.

Dalam hal lain, dampak gawai di kehidupan sehari-hari dengan semakin banyak bermunculan gadged dan saingan untuk menjadi nomor wahid kemudian di sukai oleh para pengguna hingga sudah tidak terkontrol oleh penggunanya. Buktinya para pengguna gadged saat ini tidak ada batasan umur yang memakainya dari mulai kanak- kanak, remaja, dewasa, kakek, nenek pun takmau kalah dalam hal ini. Yang lebih mirisnya lagi anak balita bahkan sudah tahu keberadaan gadged dengan bebas bisa menggunakan walaupun sebatas hiburan.

Kenapa dalam hal ini disebut miris!!?

  • pertama: lihat saja pada anak- anak kini yang sudah sangat dekat dengan gadged, mereka yang main gadged tapi dengan pengawasan yang tepat maka si anak juga pasti akan smart. Di sisi lain apa bila si anak di biarkan berlama- lama hingga berjam- jam apalagi mainannya hanya games hingga tak ingat makan, belajar dan istirahat. Hal berikutnya akan mempengaruhi pertumbuhan mental si anak, hingga tidak mengetahui dunia nyata dilingkungan dan sulit bergaul dengan orang lain
  • Kedua: hal terburuk bagi si anak bila sudah kebiasaan dengan penggunaan gadged akan membentuk mental si anak akan merasa cemas apa bila kehilangan gaggednya kemudian marah-marah memberontak apa bila tidak di berikan gawai/gadged.
  • Kedua hal di atas tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa meskipun pemikiran orang dewasa bisa terkontrol namun hal kecil dampak dari penggunaan gawai terhadap pemgguna dewasa. Fakta yang terjadi di lingkungan bahwa dampak bagi pengguna pada umumnya contoh yang biasa kita temukan pada saat berkumpul bersama teman kebanyakan waktu di gunakan untuk bermain games atau sekedar nonton di gadged hingga tidak menghiraukan sekitar. Tak sedikit pula yang bergadang hingga larut malam hanya untuk bermain games sampai menghiraukan kesehtan karan kurang istirahat.

Kesimpulan: tetaplah bijak dalam penggunaan gadged dengan perkembangan yang semakin canggih, jangan terhanyut dalam kecanggihan hingga tidak menghiraukn akibatnya. Kita harus tau dan ambil perhatian dampak gawai terhadap anak yang paling utama, karena anak adalah aset keluarga dan masadepan anak, mereka patut di perahatikan dan dididik kearah kebaikan demi cita-cita dan kesuksesan mereka.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Dampak gawai terhadap anak"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel