Cara menanam pohon ciplukan

Buah ciplukan saat ini termasuk yang paling banyak di cari karena di kabarkan banyak mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. mendapatakan buah ciplukan saat ini sangat sulit karena tumbuhnya di hutan liar karena sangat jarang orang membudi dayakan pohon ciplukan. Namun, di wilayah barat seperti amerika, selandia baru, australia dan sekitarnya membudidayakan ciplukan yang buahnya besar. Berbeda dengan buah ciplukan lokal yang ukuranya lebih kecil. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman terkait buah ciplukan dan cara menanam pohon ciplukan khususnya untuk jenis lokal.

Cara praktis mudah menanam pohon ciplukan

Seiring perkembangan jaman buah ciplukan semakin jarang di jumpai, dulu memang banyak tumbuh liar di pinggiran hutan, kebun dan sawah yang mengering. Buah ciplukan mempunyai keunikan terdapat kantung ngelmbung yang menyelubungi buahnya. Kantung dan Buah ciplukan berwarna hijau pada saat belum matang berbeda ketika buah dan kantung cipukan akan berwarna kuning. Rasa buah ciplukan manis dan banyak terdapat biji- biji kecil sperti pasir.

Buah dan daun banyak di gunakan sebagai ramuan obat herbal secara tradisional bahakan terdapat manafaat tanaman ciplukan untuk kesehatan. Sekarang buah yang langka ini kabarnya sangat mahal di pasar sualayan 1kg dihargai 500 ribu rupiah harga yang cukup mahal bukan!?? Nah, karena di beritakan bahwa kandungan dan manfaat sangat baik untuk kesehatan dan sangat sulit dijumpai makanya harganya sangat mahal.
Untuk biaya segitu bagi orang banyak duit sih mampu- mampu saja untuk mendapatkan, tetapi tidak bagi orang dengan kebutuhan pas- pasan yang masih belum terjangkau selain itu belum lagi terhalang dengan sulitnya mencari tumbuhan tersebut, jadi kesimpulan di atas bisa anda atasi dengan menanam pohon ciplukan yang biasanya tumbuh di hutan liar atau lokal.

Jadi dengan pengalaman saya yang awalnya memang selalu mengusahakan agar bisa dapat buah ciplukan agar nanti bisa di semai agar dan bisa di tanam yang akan mendapatkan manfaat, waktu pertama kali mendapatkan buah dan langsung saya semai di tanah alhasil belum berhasil tumbuh, yange kedua kali setelah bebrapa bulan Berikutnya saya mendapatkan lagi buah ciplukan di sekitar lingkungan tetangga kemudian langsung saya semai dengan menggunakan tisu dan berhasil tumbuh jika anda ingin berhasil menanam pohon ciplukan dari bijinya langsung sebaiknya bikin dengan  cara yang kedua, yuk simak caranya :

Bahan-bahan
  • Siapkan buah ciplukan yang sudah matang.
  • Siapkan tissue putih untuk lap tangan yang harga 9 ribuan.
  • Mangkok.
  • Plastik terang/ bening.
  • Karet gelang.
  • Air mineral.
  • Alat semprotan air.


Caranya:
  • Pencet buah ciplukan yang sudah matang tadi di atas tisu lalu pisahkan biji dari daging dan kulit.
  • Jemur biji di terik matahari selama sehari.
  • Langkah berikutnya proses penyemaian dengan cara siapkan mangkok dan lapisi tisu di dalam mangkok 2-4 lapis lalu taburkan biji ciplukan di atas tisu tadi.
  • Percikan air pada biji semaian sampai tisu keadaan basah sampai merata,
  • Tutup mangkok dengan plastik bening yang sebelumnya sudah di beri lubang udara dengan cara plastiknya di tusuk- tusuk menggunakn lidi lalu kencangkan penutup dengan karet atau tali.
  • Setiap pagi dan pagi percikan air pada semaian biji ciplukan.
  • usahakan semaian dipancarkan oleh matahari pagi dengan membuka tutup mangkok sebelum menyiram, semaian hasil akan kelihatan tumbuh kecambah sekitar 3-4 hari. Stelah sekiranya tumbuh besar kecambahnya bisa di pindah di media tanah.

Biji ciplukan tumbuh
Semaian biji ciplukan tumbuh
Mudah dan praktis bukan, Demikan pengalaman saya tentang penyemaian hingga cara penanaman pohon ciplukan semoga menjadi referensi dan bermanfaat bagi yang membutuhkan dan terimaksih sudah berkunjung.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel