Bagaimana bimbingan pra nikah

Rabu 26 mei 2019 adalah jadwal saya untuk menghadiri p-4 (bimbingan pra nikah) di kantor K.U.A  tanjung batu kundur, jadi untuk kesempatan kali ini saya ingin bercerita atau berbagi pengalaman yang sudah saya alami yaitu tentang bagaimana bimbingan pra nikah?

Bagaimana bimbingan pra nikah 

Jadi sebelum mendapatkan jadwal atau panggilan untuk memenuhi serangkaian kegiatan bimbingan pra nikah catin (calon pengantin) laki -laki dan permpuan di haruskan untuk mengajukan beberapa berkas persyaratan pernikahan yang nantinya di ajukan ke kantor K.U.A untuk lebih lengkapnya silahkan baca syarat mengajukan pernikahan, setelah selesai urusan pengajuan persyaratan kemudian nanti akan di cek data berkas yang ada kemudian barulah nanti akan di tentukan jadwal bimbingan pranikah catin laki - laki, perempuan dan wali catin perempuan.

Sesuai dengan pengalaman saya waktu itu pada tanggal 26/06/2019 kami di jadwalkan jam 08:00 sudah berada di kantor K.U.A tanjung batu kecamatan kundur kota serangkaian acara atau kegiatanya yaitu:
Datang dengan membawa materai 6000 dua lembar dan lapor ingin memenuhi panggilan pak K.U.A untuk ikut bimbingan pra nikah, kemudian mengecek data catin laki - laki dan perempuan lalu di tanya nikahnya di kantor apa di rumah!? Kami memutuskan untuk menikah di rumah kemudian di haruskan untuk membayar biaya sebanyak Rp600.000, dengan menyetor via bank atau pos.

Selanjutnya Menemui pak K.U.A (pengulu) untuk kembali mengcek data pasangan catin dan data masing-masing orang tua catin, kemudian menandatangani surat perajanjian dan berkas lain nya, setelah semuanya selesai barulah sesi berikutnya yaitu bimbingan :

  • Pertama: bimbingan di bidang kesehatan yaitu dari puskesmas, bimbingan yang di isi oleh petugas puskesmas berupa ajakan bagi setiap catin khususnya perempuan untuk imunisasi T.T, kemudian bimbingan selanjutnya tentang bahaya h.i.v , selanjutnya persiapan kehamilan dan melahirkan termasuk disitu tentang keluarga berencana.
  • Kedua : bimbingan penjelasan tentang pernikahan oleh anggota K.U.A, di tahapan ini para calon pengantin laki-laki maupun perempuan akan diberi penjelasan secara teori apa itu pernikahan, rukun dan lain-lain.
  • Ketiga : bimbingan yang di sampaikan bapak pengulu seperti contoh bagaimana sih kehidupan dalam berumah tangga, tanggung jawab dalam berumah tangga, dan bagai mana caranya mengatasi masalah hiruk pikuk dalam berumah tangga, kemudian terakhir di lanjutkan memberikan contoh cara mengucapkan ijab qabul yang di pimpin langsung oleh pak pengulu.

Demikian pengalaman yang saya rasakan dan saya alami semoga menjadi gambaran bagi anda yang sedang atau akan melangsungkan pernikahan untuk menjalankan tahapan bimbingan pra nikah nantinya.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Bagaimana bimbingan pra nikah"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel