Tpis agar tetap sehat menjalankan puasa

Masukanya bulan ramdhan merupakan bulan yang paling di nanti setiap tahunya oleh para umat muslim di seluruh dunia yaitu dengan berpuasa yang hukumnya wajib bagi seluruh umat islam seperti yang tercantum di rukun islam yang ke tiga, dilain itu kita harus perbanyak melakukan ibadah-ibadah lainya selama di bulan ramadhan, karena di bulan penuh berkah inilah kesmpatan untuk mendapatkan pahala ampunan dan mengaharap ridho dari allah s.w.t .

Sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat allah s.w.t alhamdulillah kita masih di pertemukan ramdhan tahun ini bertepatan pada 1440 hijriyah, dengan keadaan yang sehat wal'afiat aaamiiin. Berbicara tentang ramadhan sebagaimana kita di wajibkan berpuasa yang artinya menahan diri dari makan dan minum dan hawa nafsu dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Membahas tentang puasa adakalanya sebagian orang yang mengeluh tentang keadaan dan situasi baik dari segi kegiatan bekerja, sedang sakit karena lemahnya fisik atau daya tahan tubuh sehingga menyebabkan batalanya puasa.

Tpis agar tubuh tetap sehat menjalankan ibadah puasa

Nah, dalam kesempatan kali ini infonongol ingin berbagi tips agar tetap sehat menjalankan puasa:

Waktu sahur
  • jika berbuka harus menyegerakan maka untuk sahur sebisa mungkin untuk mengakhirinya, dalam artian memulai makn sahur pada waktu satu jam sebelum imsyak, karena kalau terlalu awal makan sahur di kawatirkan belum tengah hari udah cepat lapernya.
  • Makanlah makanan yang berprotein tinggi sperti ikan dan serat tinggi seperti sayuran, kurangi makan yang berkarbohidrat yang dapat mengakibatkan perut akan cepat lapar.
  • Perbanyak minum air putih dan buah-buahan untuk menambah cadangan cairan dalam tubuh untuk menambah cairan dalan tubuh ketia sedang berpuasa selama 12jam lamanya, kemudian jika ada madu bagus dikonsumsi pada saat sahur karena madu banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya untuk daya tahan tubuh.

Waktu berbuka
  • Berdoa dengan mengucapkan bismillah lalu minun beberapa teguk air putih hangat lalu dilanjutkan dengan membaca doa sesuai dengan ketentuan hadis anda bisa membaca tentang do'a berbuka puasa , Di anjurkan berbuka dengan yang manis seperti kurma, air sirup, atau bisa juga buah- buahan.
  • Sebisa mungkin untuk bebruka dengan air es, karena pengalaman saya minum es pada saat berbuka perut terasa begah nagsu makan berkurang, bagi penderita amandel akan mengakibatkan peradangan, jika kondisi tubuh melemah akan mengakibatkan sakit tenggorokan dan batuk.
  • Untuk menjaga agar cairan dalam tubuh terpenuhi minumlah air putih pada saat berbuka, waktu isya, sehabis tarawih, dan sebelum tidur.

Dari penjelasan diatas semoga bisa memberi manfaat untuk anda dan keluarga agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa amin.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Tpis agar tetap sehat menjalankan puasa "

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel