Jangan takut berbagi

Berbagi adalah merupakan salah suatu kegiatan sosial berupa pemberian materi maupun dukungan moral kepada sesama makhluk sosial, hal ini terbukti bawa di dunia ini manusia tidak bisa hidup sendirian. artinya sebagai sesama makhluk soisal itu saling membutuhkan, seperti contoh hal sederhana yang bisa di lakukan adalah tolong- menolong dan saling berbagi sesama dalam bentuk apapun selama itu untuk kebaikan.
Jangan takut berbagi
source: pixabay

Jangan khawatir apa yang telah di miliki akan habis jika sudah berbagi kepada orang lain, sesungguhnya Dengan tindakan terpuji ini banyak manfaat dan keuntungan yang akan di rasakan, berikut 5 manfaat yang di dapatkan ketika saling berbagi.

1. Menularkan kebaikan
Tanamkan kegiatan berbagi dimulai dari diri sendiri lalu proses ini akan berkembang menjadi sekelompok masyarakat dan lebih berkembang lagi menjadi suatu komunitas besar seperti Dompet Dhuafa yang sangat berperan besar menularkan kebaikan dengan berbagi, dompet dhuafa adalah organisasi non profit yang berkhidmad mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF(zakat, infak, shadakah, dan wakaf) melalui media donasi online yang telah di terapkan, dengan itu anda sudah membuat mereka bahagia dan bersemangat dengan terpenuhnya kebutuhan yang seharusnya mereka dapatkan.

2. Merasakan bahagia didalam diri
Di suatu sisi kehidupan tidak semua orang tercukupi kebutuahannya sehari-hari, ada yang berlebih, ada yang cukup untuk makan saja, bahkan ada yang hidupnya serba kekurangan, nah dengan sedikit uluran tangan bantuan anda alangkah baiknya di manfaatkan untuk berbagi dengan menyisihkan sebagian harta 2,5%  kepada yang membutuhkan agar mereka bisa juga mendapat kebahagiaan yang seharunya mereka rasakan, dengan itu sedikit banyaknya kita sudah memberikan manfaat kepada banyak orang, itulah bahagia dalam diri menurut pribadi saya.

3. Mewujudkan rasa syukur dalam diri
Dengan pemberian nikmat yang allah s.w.t berikan kepada umatnya hendaknya sebagai makhluk ciptaanya haruslah kita sadar bahwa semua nikamat yang telah di miliki seperti rizki, kesehatan, keimanan, umur, dan banyak lagi pemberian oleh allah s.w.t yang harus kita syukuri. Jangan khawatir harta yang telah dimiliki berkurang jika kita memberi, melainkan ada balasan atau imbalan pahala yang besar dan dimudahkan rizki di balik melakukan kegiatan berbagi.

4. Menambah keakraban antar sesama
Tidak hanya berupa materi yang diberikan melainkan berupa dukungan moril kepada kerabat atau keluarga kita yang sejatinya mereka sangat membutuhkan, seperti berbagi ilmu pengetahuan tentang apapun yang nantinya akan memberi dampak positif untuk mereka, Percayalah bahwa dengan berbagi saling tukar fikiran dan solusi akan mewujudkan pendekatan dan keakraban terhadap sesama.

5. Menumbuhkan rasa peduli
Untuk di ketahui bahwa dengan berbagi bisa menumbuhkan rasa peduli terhadap mereka yang kurang beruntung nasibnya di bandingkan kita yang sudah terpenuhi oleh kebutuhan, banyak di antara mereka nasib tidak sebaik apa yang di harapkan, hidup di jalanan, jauh dari perkotaan dengan fasilitas dan akses yang kurang memadai, anak-anak yang putus sekolah, fasilitas kesehatan tidak memadai dan masih banyak lagi, melihat itu semua sedikit banyaknya anda bisa tergerak melibatkan diri dan peduli untuk terus berbagi dalam rangka aksi kemanusiaan.

Dari ringkasan di atas semoga bisa menginspirasi pengunjung yang sudah membacanya dan ikut serta mewujudkan misi berbagi meskipun hanya sedikit, namun jika kita ingin bergotong royong melalui media dopet dhuafa maka semua akan terkumpul banyak hingga nantinya bisa tersalurkan kepada mereka yang mungkin masih membutuhkan bantuan uluran tangan yang ikhlas dari kita. Yuk, jangan takut untuk berbagi, karena berbagi itu indah, menyenangkan dan dapat pahala lagi.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Jangan takut berbagi"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel