Gedung bioskop mutiara tg.batu

Sebuah gedung tertua yang ada di jalan pemuda tanjung batu
Gedung bioskop mutiara

Bangunan yang terletak di tengah kota tepatnya di dekat area pasar dan pelabuhan domestik kecamatan kundur JL.PEMUDA tanjung batu, menurut keterangan bapak M.Rasyid peria kelahiran sei.ungar kecamatan Kundur utara tahun 1943. Beliau menceritakan bahawa dulunya sebelum bangunan bioskop mutiara di bangun awalnya adalah sebuah pabrik yang beoprasi untuk pengolahan sagu, saya sempat bertanya kepada beliau tahun berapa bioskop ini di bangun? Beliau menjawab tidak memastikan tepatnya tanggal dan bulanya, namun seingat beliau dulu namanya bukan bioskop mutiara yang kelihatan seperti yang sekarang, ucap beliau dulu namanya bukan bioskop tapi PWAGAM yaitu singkatan dari panggung wayang gambar dan bangunannya tahun 50an itu sudah ada. 

Gedungnya juga tidak seperti yang terlihat kalo dulu gedungnya masih papan, waktu itu kalau jadwal PWAGAM akan tayang selebaran atau brosur di sebarkan di jalan- jalan menggunakan bas (sebutan angkot masyarakat sini) atau taxi untuk memberikan informasi hari dan jam akan tayang di PWAGAM trsebut, untuk biaya masuk dulu masih menggunakan uang dolar sebesar 30-60 sen tergantung tempat duduk yang sudah di kelompokan sesuai angka nomor urut 1, 2, dan 3. Disisi lain juga perjuangan untuk menonton di pwagam juga harus berebutan ngantri karena saking ramai peminatnya.

Bioskop di tanjung batu dulunya ada dua tempat yang berada di jl.pemuda dan satu lagi ada jl. Jenderal sudirman tepat di depan SDN 001 KUNDUR yang dulunya sempat ada pembangunan ruko kemudian di jadikan mini market gembira, namun sekarang sudah tidak di gunakan lagi karena tidak ada lagi aktifitas jualan disana. 

Nah untuk pembangunan gedung BIOSKOP MUTIARA  yang baru di JL.PEMUDA ini di bangun sejak tahun 60an, di masa itu berbagai tayangan filem yang dipertontonkn seperti rekaman video masa penjajahan masih bebas di siarkan kemudian juga yang menjadi favorit dan di tunggu- tunggu adalah filem p.ramlee, rhoma irama, dan filem-filem hits lain dimasanya. 

Bangunan ini termasuk bangunan tua yang masih tersisa untuk di kenang pada masa lalu bagi yang pernah merasakan asiknya nonton di bioskop yang ada dan satu-satunya di tanjung batu, kemudian bangunan ini juga salah satu bangunan yang belum di renofasi atau di bangun baru lagi oleh pihak pengelola sejak gedung bioskop ini di bangun, lihat saja bagian atas gedung yang tersisa hanya dinding yang berbahan alumunium yang bertuliskan BIOSKOP MUTIARA, kemudian terlihat ada tumbuhan liar yang hidup diatas gedung yang nyaris tidak beratap lagi,  untuk bagian depan oleh pihak pengelola di bangaunlah beberapa ruko yang di sewakan untuk berjualan.

Catatan: artikel yang saya bagikan sesuai sepengetahuan dari pengalaman penduduk yang sudah lama menempati pulau kundur khususnya tanjung batu kota, kemungkinan sebagian dari cerita ini masih ada kekurangan karena keterbatasan informasi, jika sobat bisa memberi masukan dan menambah dari kekurangan cerita diatas silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah nanti masukan dari sobat akan saya perbaharui, sekian atas kerja samanya terimakasih.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Gedung bioskop mutiara tg.batu"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel