Cara memperbanyak bibit kombucha


Ilustrasi teh fermentasi yaitu teh kombucha

Setelah artikel sebelumnya INFO NONGOL pernah membagikan sebuah artikel yang berjudul manfaat dan cara membuat teh kombucha, Nah kita tahu bahwa teh kombucha terdapat probiotik di dalamnya yang sangat banyak sekali manfaat untuk tubuh yang belum banyak orang yang mengetahuinya, ketika sebagian orang telah mengetahui akan manfaatnya pasti banyak yang membutuhkan scoby atau kombucha ini. 

Di sebagian tempat atau wilayah sangat sulit untuk mendapatkan koloni atau bibit dari kombucha atau Scoby, untuk itu pada kesempatan ini akan berbagi tips apabila Anda yang mempunyai induk kombucha Anda bisa memperbanyak nya atau mengkloning teh kombucha sehingga Anda bisa berbagi kepada yang membutuhkan hmm bagaimana caranya yuk simak ulasannya;

Persyaratan yang harus dilakukan yaitu ruangan untuk memproses bibit kombucha di ruangan bebas polusi dan ditempat yang tertutup kemudian peralatan harus bersih dan tidak mengandung bau sabun, seperti pisau tidak mengandung atau  berbahan stenlis, peralatan untuk mengaduk juga harus berbahan plastik.

Peralatan dan bahan yang harus dipersiapkan:

Pisau yang berbahan plastik, sendok berbahan plastik, mangkok, toples kaca, kain atau tisu, teh bubuk scoby/ kombucha, asal atau starter, dan air mineral, nah itu adalah bahan yang harus dipersiapkan.

Cara pembuatan:

1). Siapkan air mineral lebih 2liter rebus hingga mendidih, kemudian tambahkan gula yang diolah secara organik sebanyak 3 sampai 5 ons lalu tambahkan 3-4 bubuk teh aduk-aduk kemudian diamkan hingga mencapai suhu ruangan atau sampai dingin.

2). Siapkan kombucha dan 300cc air asal atau starter lalu letakkan ke dalam toples kaca yang sudah dipersiapkan.

3). Langkah selanjutnya masukkan air seduhan teh yang sebelumnya sudah didinginkan, tutup hasil pembuatan teh kombucha tadi dengan menggunakan tisu atau kain berbahan cotton. Nah Proses pembuatan sudah selesai mudah kan, untuk mencapai hasil kloning atau anak dari kombucha,!! Prosesnya berlangsung satu sampai dua minggu hingga hasil maksimal.

Pembentukan scoby
Proses pembentukan scoby
Stelah 1-2 minggu hasil anak scoby akan menjadi seprrti ini
Induk kombucha atau scoby

Setelah proses fermentasi mencapai 1 sampai 2 minggu hasil kloning atau anak kombucha akan terlihat atau tumbuh di bagian atas induknya , ciri- ciri dari anak kombucha berwarna putih berbentuk lempengan yang telah menjadi kombucha baru. Nah teman-teman jika ingin Lebih memperbanyak lagi Anda bisa melakukan proses pembuatan dengan cara mengulangi proses pembuatan teh kombucha yang tertera diatas hingga mencapai hasil kloning yang teman-teman inginkan.

catatan: letakkan hasil pembuatan teh kombucha di tempat yang teduh di suhu ruangan yang bebas polusi untuk menghindari jamur yang tidak baik menempel saat proses fermentasi berlangsung, hindarkan hasil pembuatan teh kombucha tadi dari paparan sinar matahari langsung.

Jangan lupa ya!? Click sahre ke sosial media facebook, twetter, yang tersedia di bawah psotingan ini untuk berbagi dan menambah pengalaman.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Cara memperbanyak bibit kombucha"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel