Manfaat serai untuk kesehatan

Infonongol- di asia tenggara khususnya di indonesia pasti tidak asing lagi dengan tumbuhan "serai" dengan nama ilmiahnya cymbopogon citratus, tumbuhan ini termasuk golongan rerumputan, tumbuhan serai sering digunakan untuk bumbu masakan sebagai cita rasa khas indoneaia, dengan aromanya yang harum menambah wangi masakan hingga menggoda selera makan.

Sereh
Gambar tumbuhan serai

Untuk kita ketahui tumbuhan serai juga bisa di manfaatkan untuk kesehatan loh, nah zat apa saja yang terkandung dalam serai sehingga bisa bermanfaat untuk tubuh yuk simak ulasanya ;

Kandungan sereh terdapat di dalamnya minyak atsiri, minyak atsiri serai terdapat di bagian atas dari tumbuhan serai, nah untuk mendapatkan minyak tersebut mengolahnya dengan cara di ekstrasi atau proses penyulingan, jadi wangi citronela yang terkandung dalam minyak atsiri tersebut bisa digunakan untuk pengusir nyamuk yang bandel, dengan dijadikan minyak oles dari tumbuhan serai tadi, nyamuk-nyamuk yang bandel pasti pergi.

zat yang ada pada tumbuhan serai juga tekandung tanin, fenol, flavanoid, karbohidrat kandungan ini di percaya bermanfaat untuk tubuh seperti masalah pencernaan, antiinflamasi, antioksidan, pencegah kangker, anemia, menurunkan berat badan, insomnia, dan detoxifikasi.


Bagian pangkal serai

Dengan mengolahnya sebagai minuman (teh serai) sebagai ramuan obat maupun ramuan kesehatan bagai mana caranya? Yuk simak!!

Pertama: siapkan dua potong serai yang di pilih pada bagian pangkal dari serai, kemudian cuci bersih menggunakan air bersih.

Kedua: potong menjadi dua atau tiga bagian kemudian memarkan menggunakan alat keras.

Ketiga: siapkan panci lalu isi air  500cc kemudian letakan serai yang telah di memarkan tadi kedalam panci, rebus sampai sampai mendidih.

Keempat: setelah mendidih diamkan sebentar hingga suam kuku, sediakan gelas dan tuang ramuan tadi menggunakan tapisan, tambahkan gula yang nol kalori seperti gula merah atau gula jagung (tropicanaslim),  bisa juga loh jika ditambahkan dengan madu , oke deh ramuan siap di minum, untuk hasil yang maksimal bisa mengonsumsi rutin setiap hari sekali.

Demikian informasi dengan topik manfaat tumbuhan serai kali ini semoga bermanfaat, anda bisa juga membaca informasi seputar healt information yang membahas tentang berbagai macam informasi untuk kesehatan.

Jangan lupa ya! Silahkan klik share ke sosial media facebook, twetter yang tersedia di bawah postingan untuk berbagi dan menambah pengalaman.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Manfaat serai untuk kesehatan"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel