Manfaat buah mahkota dewa

Mhkota dewa
Gambar buah mahkota

Namanya Mahkota dewa atau phaleria macrocarpa, tumbuhan ini berasal dari papua
atau irian jaya, mahkota dewa tumbuh
kuhususnya di musim tropis seperti di
indonesia. Tumbuhan ini mempunya tinggi mencapai 2-3 meter, bentuk daun yang mempunyai ciri khas kemudian mempunyai buah yang berwarna merah menyala di setiap dahan dan rantinng, tumbuhan ini mempunyai banyak sekali manfaat dari daun, batang, dan buahnya, banyak sekali kandungan senyawa yang baik untuk tubuh sperti:


Gamabar tumbuhan mahkota dewa

Gambar daun dan buah mahkota dewa

Alkaloid, yaitu senyawa yang terkandung di dalamnya sebagai penetralisir racun dalam tubuh, nah untuk itu sangat di rekomendasi untuk anda yang mungkin membutuhkan.
Saponin, kandunagn saponin dalam buah mahkota dewa sebagai anti bakteri atau anti virius dalam tubuh, mngurangi kandungan gula dalam darah, sebagai kekebalan tubuh, juga untuk meningkatkan vitalitas.
Polifenol, kandungan polifenol yang ada di dalam buah mahkota dewa dapat di gunakn sebagai anti alergi.
Flavanoid, kandungan flavanoid dapat perfungsi sebagai mngurangi kolesterol dalam tubuh, anti oksidan, jantung koroner, dan memperlancar peredaran darah, anti radang , bisa juga mengurangi rasa sakit akibat pendarahan atau pembengkakan.

Baiklah yuk kita simak bagai mana cara pengolahan dari buah mahkota dewa;
Pertama, pilih buah mahkota dewa yang kualitasnya baik sperti kita pilih buahnya yanh sudah merah tidak busuk, setelah di pilih cuci buah mahkota dewa dengan air mineral yang bersih kemudian keringkan air yang masih menempel pada buah.

Kedua, belah buah mahkota dewa menjadi dua bagian kemudian buang biji dari mahkota dewa tersebut kenapa harus di buan,  karena biji dari buah mahkota dewa mengadung racun yang menyebabkan efek keracunan.

Ketiga, stelah di belah dua dan di buang bijinya irislah tipis- tipis buah mahkota dewa kemdian untuk kita keringkan di paparan matahari, pengeringan ini bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam buah mahkota dewa untuk mencega bakteri lain yang merusak pada buah mahkota dewa. Keringnya buah mahkota dewa menentukan kualitas dari manfaat dengan itu di harusakn melakukan perlakuan khusus seperti kemsakan hasil buah mahkota dewa di tmpat yang kering seperti pendinginan, pengalengan, dan simpan di tempat yang kering.

Untuk penggunaan buah mahkota dewa tersebut sangatlah mudah.
Caranya ambil 2-3 iris buah mahkota dewa yang sudah di keringkan kemudian taruh di wadah atau gelas lalu tuangkan air kedalamnya, diamkan selama 5 menit air dari rendamannya siap di minum.
Daun dari mahkota dewa di yakini banyak juga manfaat terkandung di dalamnya yaitu kandungan polifenol sebagai obat gatal pada kulit caranya yaitu dengan menumbuk halus daun mahkota dewa setelah halus bisa di aplikasikan pada area kulit yang gatal.

Batang pohon mahkota dewa juga bisa di gunakan sebagai obat kangker tulang yaitu dengan cara mnguliti batang pohon mahkota dewa kemudian keringakan setelah kulit pohon mahkota kering sempurna, rebus secukupnya kulit pohon mahkota dewa sekiranya duagelas air rembus hingga mendapatkan satu gelas, nah air dari rebusan batang tersebut bisa di konsumsi atau diminum sebagai oabat kangker kulit .

Demikan lah manfaat dari tumbuhan mahkota dewa , semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan jangan lupa tetap berdoa dan berusaha untuk mendapatkan hasil yang baik.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Manfaat buah mahkota dewa"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel