Manfaat dan cara membuat teh kombucha

Svoby
Gambar jamur kombucha/ scoby

Apakah anda pernah tau tentang jamur kombucha?? Yak, kali ini infonongol ingin pengetahuan apasih jamur kombucha dan darimana asal tumbuhan atau perkembang biakan dari jamur kombucha itu sendiri, jom kita ulas satu persatu. 

Jamur kombucha berasal dari asia timur dan masuk ke jerman melalui rusia sekitar masuk pergantian abad 20, bentuk fisik dari jamur kombucha warnanya persis seprti nata decoco , textur kenyal, dan berbentuk lempengan.

Jamur kombucha hidup dan berkembang biak jika di rendam dengan seduhan air teh dan gula putih sebagai nutrisi dari jamur kombucha itu sendiri. Proses tersebut dinamakan fermentasi dan membuthkan waktu sekitar 8 - 12 hari untuk menghasilakn air fermentasi yang banyak sekali kahsiat nya untuk probiotik dalam tubuh, baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan dibpercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti : batuk, panas dalam, kolesterol hipertensi, dan detoksifikasi dalam tubuh. Hasil fermentasi air kombuca juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis seperti pencegahan kanker, fermentasi jamur scoby juga baik untuk sistem pencernaan karena memgandung probiotik yang sangat tinggi. Untuk membudidayakan Kombucha ini hampir tidak ada perlakuan khusus untuk merawatnya, sangat mudah untuk mengembang biakkan dengan proses yang sangat mudah pula.

Yuk kita simak bagai mana cara mengembang biakkan jamur kombucha!

1). Tentunya kita butuh jamur kombucha itu sendiri, dan air asalnya (air fermentasi itu sendiri).

2). Siapkan tempat sebagai media pengembang biakan kombucha seperti toples berbahan kaca ataupun plastik.

3). Buat air teh manis dengan kapasitas tempat yang telah di sediakan, kemudian dinginkan, jika tidak di dinginkan jamur akan mati jika di siram air panas atau hangat.

4). Letak kombucha ke dalam wadah yang di sediakan lalu campurkan air fermentasi yang di peroleh dari induk kemudian tuangkan air seduhan teh yang telah di dinginkan tadi, tutup rapat menggunakan kain cotton kencangkan atau ikat mengguanakan tali atau karet.


Gambar proses kombucha fermentasi 

biarkan selama 8-12 hari hasil fermentasi sudah siap di konsumsi, untuk aroma kombucha sangat khas seperti tapai heheh namnya juga hasi fermentasi, untuk rasa kmbucha cenderung masam.

Namanya fermentasi jelas ada mengandung alkohol donk, tetapi Jangan khawatir tentang kehalalan teh kombucha karena teh kombucha  mngandung alkohol yang sangat minim sekali hanya 0.1- 0.3 %.

Nah , sangat mudah bukan!!? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

0 Response to "Manfaat dan cara membuat teh kombucha"

Post a Comment

Untuk para tamu silahkan berkomentar yang baik dan tidak mengandung unsur sara, dan spam , trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel