makna hidup

Memahami makna hidupMencari makna hidup adalah bahasan penting yang sering disampaikan oleh para pembicara motivasi. bahkan mereka begitu menekankan bagaimana pentingnya mengtahui makana hidup. sebab dengan memahami makana hidup itulah kita bisa menjalani hidup yang lebih berguna untuk orang lain. kemudian, ada sesi pelatihan yang membimbing kita untuk menemukan makna hidup kita.

LALU MAKNA HIDUP ITU SEBENARNYA APA SIH???

1. Hidup dalah ibadah

Pada intinya , arti hidup dalam islam ialah ibadah . keberadaan kita didunia ini tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada allah. makna ibadah yang dimaksud tentu saja pengertian ibadah yang benar, bukan berartihanya shalat, puasa, zakat, dan haji sahaja. Tapi ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita adalah merupakan ibadah.

2. Hidup adalah ujian

Allah s.w.t berfirman dalam QS AL MULUK(67):2 YANG TERJEMAHANNYA " ALLAH yang menjadikan mati dan hidup, supaya dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan dia maha perkasa lagi maha pengampun". ALLAH akan menguji manusia melalui hal-hal sebagai berikut sesuai dengan QS albaqrah (2):155-156 : "dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ktakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, dan berikanlah berita grmbira kepada orang- orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah,mereka mengucapkan; inna lillahi wa inna ilaihi raar'jiuun.

3. Dijadikan indah pada waktunya ( mencari bekal)

Pada (pandangan) manusia kecintaan kepada kesenangan didunia apa-apa yang diingini, itulah kesenangan hidup didunia. Namun sesungguhnya kehidupan diakhirat lebih baik di banding kehidupan di dunia QSy adhuha (93):4.

4.Hidup adalah sementara

Dalam firmanya Q.S al anbiyaa (21):35 " tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati, kami akan mengujikamu dengan keburukn dan kebikan sebagai cobaan (yang sebenar benarya ) dan hanya kepada kami-lah kamu dikembalikan"

KEMUDIAN BAGAIMANA AGAR HIDUP LEBIH BERMAKNA
OKE KITA LANJUT PEMBAHASANYA ...
setelah kita memahami makna hdup itu apa, lalu langkah selanjutnya ialah menyelaraskan idup dengan makna hidup tersebut inilah yang akan menjadihidup kia lebih bermakna....lahh terus bagai mana cara untuk menyelaraskannya ??? ok kita lanjut pembahasanya !!
1. jika hidup itu adalah ibadah, maka pastikan semua aktivitas kita adalah ibadah.. caranya pertama selau meniatkan aktivitas kita untuk ibadah serta memperbaharuinya , kedua pastikan apa yang kita lakukan sesuai dengan tuntunan dan tidak dilarang oleh syariat.
2. jika hidup itu adalah ujian, tidak ada katalain bagaimana kita menyelaraskan hidup kita, yaitu menjalani hidup dengan penukesabaran.
3. jika kehidupan akhirat itu lebih baik, maka kita harus meprioritaskan kehidupan akhirat. tapi bukan berarti meninggalkan kehidupan didunia, tetapi menjadkan kehidupan dunia sebagai bekal menuju akhirat.
4. jika hidup ini adalah sementara, maka perlu kesungguhan (ihsan) dalam beramal, tidak ada lagi kata sntai, mengandai-andai, panjangan angan-angan, apa lagi malas. karena hidup kita ini tidak selamanya .
bergeraklah sekarang, bertindaklah sekarang, dan berlomba-lombalah dalam kebaikan
sesungguhnya yang didalam al-quran tidak diragukan kebenaranya.
jika ada kesalahan itu datang dari saya pribadi mudah mudahan dengan usaha kita memahami makna hidup menjadikan hidup kita lebih bermakna aaammiiinn

nahh temen-temen bagai mana menurut anda tentang makna hidup menurut temen-teman..?sampai disini dan sekian terimakasih "semoga bermanfaat"
Purwanto Cah kuper

Berlangganan gratis artikel terbaru infonongol via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel